Sistem Layanan dan Rujukan Terpadu : SLRT dan Puskesos

ilustrasi gear (www.pixabay.com)


Sistem layanan dan rujukan terpadu (SLRT) adalah sistem layanan yang membantu untuk mengidentifikasikan kebutuhan masyarakat miskin dan rentan berdasarkan profil dalam daftar penerima mafaat dan menghubungkan mereka dengan program-program perlindungan sosial dan penanggulangan kemiskinan yang dilakukan oleh pemerintah sesuai dengan kebutuhan mereka. SLRT juga membantu mengidentifikasi keluhan masyarakat miskin dan rentan, melakukan rujukan dan membantu memantau penanganan keluhan untuk memastikan bahwa keluhan-keluhan tersebut ditangani dengan baik.

SLRT beroperasi di tingkat kabupaten dan kota, sementara puskesos (pusat kesejahteraan sosial) merupakan penyebutan lain untuk SLRT yang berada di tingkat desa atau kelurahan. SLRT dan puskesos biasanya  memiliki nama atau image sendiri-sendiri, karena masing-masing daerah memiliki ciri khas tersendiri.

Beberapa tujuan dari SLRT antara lain :
  1. Meningkatkan akses keluarga miskin dan rentan terhadap multi program yang ada, khususnya perlindungan sosial;
  2. Meningkatkan berbagai layanan sosial, sehingga menjadi lebih responsif;
  3. memberdayakan masyarakat untuk lebih memahami hak-haknya terkait layanan sosial yang diberikan pemerintah; 
  4. Meningkatkan kapasitas pemerintah di semua tingkatan, khususnya dalam mengkoordinasikan berbagai layanan sosial bagi masyarakat miskin dan rentan; dan
  5. Memberikan masukan saat proses perencanaan dan penganggaran program perlindungan sosial dan penanggulangan kemiskinan.

Demikian sekilas informasi terkait SLRT dan puskesos yang dapat kami ulas pada kesempatan kali ini. Untuk lebih jelas lagi, silakan kamu berkunjung ke dinas sosial terdekat di daerah kamu. Apakah SLRT dan puskesos sudah ada di wilayah kamu atau belum ?


Semoga bermanfaat.

Comments